Minggu, 03 April 2011

Persaudaraan Setia Hati Terate


Setia Hati Terate
Persaudaraan Setia Hati Terate
" Memayu Hayuning Bwono "

_Persaudaraan_

Saudara berasal dari kata se_udara yang berarti satu udara, dimana semua mahluk Allah yang bernafas di atas Buminya Allah ini adalah saudara kita, saudara satu ciptaan Allah yang maha pencipta atas segala sesutu.

Dimana dalam hal ini seorang SH mampu menjaga keseimbangan kedamaian dan kesejahteraan sesama mahluk ciptaan Allah, siapapun dia, apapun dia dan bagaimanapun dia.

_Setia_

"Manusia bisa dimatikan
Manusia bisa dihancurkan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu tetap ber_SH ( Setia Hati ) atau tetap setia pada hatinya."

Kekuatan yang dimiliki oleh manusia adalah kekuatan hati ( iman ) yang tertanam pada hatinya, sebuah kekuatan yang abadi dan hakiki yang tak seorangpun mampu mengalahkannya selama ia tetap setia pada hatinya,

Kita boleh mati dibunuh oleh musuh ketika menegakkan keyakinan hati yang kita miliki ( Agama ) jihad dalam Islam, mungkin ia kita kalah di mata mereka karna dia telah mampu membunuh kita, tetapi sesungguhnya kita tetaplah menang karena dia tidak mampu mengalahkan Iman yang tertanam dalam hati kita..

Berani karena benar takut karena salah, kita berani menegakkan apa yang kita yakini dan kita anggap benar, dalam islam merupakan arti Takwa yaitu (takut meninggalkan apa yang perintah Allah, dan takut mengerjakan apa yang dilarang Allah).

Apa yang dibiskkan hati sanubari yang terdalam tidak pernah salah karna itu merupakan bisikan dari tuhan Allah SWT. dan seorang SH sejati tidak pernah enggan meminta maaf jika ada salah. Karena manusia bukanlah malaikat yang tidak bisa salah.

_HATI_

Hati adalah sepotong daging yang apabila daging itu kotor maka kotorlah seluruh tubuh yang lain.

Dalam hidup dialah yang dituju, dialah yang dinilai, dialah yang disiksa, sehingga begitu pentingnya kedudukan hati dalam Manusia.

Hati merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Hal goib (Allah SWT) dah mahluk mahluk halus yang kasap mata,

Hati latifah yang halus tentunya mampu merasakan hal hal yang halus pula,

Ilmu hati adalah ilmu yang paling tinggi ilmu yang sulit untuk dipelajari karna Ilmu hati tidak mampu di ukur tidak mampu kita saksikan, ilmu hati adalah ilmu tingkat "kesepuhan" berbeda dengan ilmu ilmu yang lain seperti ilmu "kajimatan" (yang kebal senjata) dan ilmu kebatinan (yang bisa tenaga dalam)

Ilmu hati "kesepuhan" dimana ilmu itu dimiliki orang yang sudah tua, orang yang tehormat, orang yang tinggi kedudukanya di hadapan masyarakat karna pribadi dan akhlaknya yang baik.

Jika kita telah mampu menguasai Ilmu Hati " kesepuhan " maka ilmu ilmu yang lain akan datang dengan sendirinya dalam diri kita.

Seorang SH sejati harus mempunyai hati yang bersih, karna tanpa kebersihan hati ilmu apapun itu (ilmu aliran putih) tidak akan berguna sama sekali.
Sebuah perumpamaan :
Air yang bersih suci ( Ilmu ) harus ditempatkan pada gelas ( hati Manusia ) yang bersih pula. Jika tidak maka percuma saja air yang bersih itu jika ditempatkan pada gelas yang kotor, maka air itu akan kotor pula jadinya.

_Terate_

Adalah syimbol keindahan dimana bunga teratai yang hidup di tengah rawa rawa lumpur yang kotor tetapi seorang SH mampu tetap berbunga dengan indah, dalam suatu lingkungan yang buruk sekalipun seorang SH harus mampu menjadi contoh di tengah tengah masyarakat,

_Setialah Pada Hatimu_

Setia merupakan bentuk penyerahan diri pada orang yang berarti dalam hidup kita, Wujud kepasrahan dan ketundukan kita pada apa ...

...yang menjadi keyakinan kita. Tidak menghianati janji juga merupakan bentuk pengorbanan kita.

Selalu menepati memegang teguh apa yang pernah di ikrarkan ( 2 kalimah syahadat ) yaitu merupakan janji yang kita ikrarkan walau apapun yang terjadi.

Setia juga merupakan yang hakiki yang tak akan pernah dirampas orang, karna kestiaan tidaklah berwujud ia tidak dapat dijamah, dan kesetiaan itu adanya dalam Hati. Ia berbentuk jahiriah bukan lahiriah.

Kita yakin dengan Allah dan Rasulmnya? Tentunya juga kita yakin dan SETIA pada apa yang diperintahkan Allah yang telah disampaikan lewat rasulnya.

Jadi seorang SH merupakan Ahli ibadah pada dasarnya, bukan "karna menganggap dalam dirinya ada Allah" dan semua tindak tanduknya adalah sesuai dengan bisikan Allah lalu dia mengira tidak perlu solat? TIDAK !!!

"Karana sesungguhnya dengan beribadah kepada Allah beriman dan bertakwa adalah bentuk penyemerlangan hati yang sempurna dalam hidup"

*********

Buat Saudara2 Sh dimanapun berada salam kenal n maaf jika dalam uraian ini masih kurang pas, silahkan kasih masukan di buku tamu aja, thenks,

"salam persaudaraan"
-          From : http://peperonity.com/go/sites/mview/opickwap/22297020%28p2%29;jsessionid=0F391F40D2B224297F42F5EEF881A601.c03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar